Jusmiati Rachman (105104025)

A.    PENGERTIAN PSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI :

1. Hartley
Psikolinguistik membahas hubungan bahasa dengan otak dalam memproses dan mengkomunikasikan ujaran dan dalam akuisisi bahasa. Hal yang penting adalah bagaimana memproses dan menghasilkan ujaran dan bagaimana akuisisi bahasa itu berlangsung. Proses bahasa yang berlangsung adalah pekerjaan otak. Yang tidak dimengerti dan tidak diketahui yang pasti ialah bagaimana proses pengolahan bahasa sehingga berwujud satuan-satuan yang bermakna dan bagaimana proses pengolahan satuan ujaran yang dikirim oleh pembicara sehingga dapat dimengerti pendengar. Yang pasti segala sesuatu berada dalam batas-batas kesadaran ( pembicara maupun pendengar).2. Robert Lado
psikolinguistik adalah gabungan melalui psikologi dan linguistik. Bagaimana telaah atau studi pengetahuan bahasa, bahasa dalam pemakaian , dan perubahan bahasa. Menurut Lado psikologi hanya merupakan pendekatan. Pendekatan untuk menelaah pengetahuan bahasa, pemakaian bahasa dan perubahan bahasa.
• Pengetahuan bahasa bersangkut paut dengan masalah kognitif
• Pemakaian bahasa berkaitan dengan praktek pengetahuan bahasa (apa yang diketahui dikemukakan dalam pemakaian bahasa).
• Peruabahan bahasa menyangkut akuisisi bahasa dan tahap perkembanganya terutama ketika manusia masih kecil/kanak.3. Emon Back
Psikolinguistik adalah ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya pembicara membentuk dan membangun suatu atau mengerti kalimat tersebut.  Hal ini mengacu pada domain kognitif, yakni bagaimana bahasa berproses dalam otak kita. Bahasa yang diwujudkan dalam kalimat dihasilkan oleh pembicara yang kemudian diusahakan untuk dimengerti oleh pendengar.4. Langacker
Psikolinguistik merupakan telaah akuisisi bahasa dan tingka laku linguistik terutama mekanisme psikologis yang bertujuan pada kedua bahasa tersebut. Akuisisi bahasa bersangkut paut dengan proses pemerolehan bahasa. Tingkah laku linguistik mengacu pada proses kompetensi dan performance bahasa. Proses ini bahasa ini tetap dalam otak. Oleh karena itu mekanisme psikologi sangat berperan.

5. Paul Fraisse
Psikolinguistik adalah hubungan antara kebutuhan kita untuk berekspresi dan berkomukasi dan benda-benda yang ditawarkan kepada kita melalui bahasa yang kita pelajari sejak kecil dan tahap-tahap selanjutnya. Berdasarkan batasan-batasan yang telah disebutkan diatas terdapat pandangan sebagai berikut :
• psikolinguistik membahas hubungan bahasa dengan otak
• psikolinguistik berhubungan langsung dengan proses mengkode dan menafsirkan kode
• psikolinguistik sebgai pendekatan
• psikolinguistik menelaah pengetahuan bahasa, pemakaian bahasa, dan perubahan bahasa
• psikolinguistik menitikberatkan pada pembahasan mengenai akuisisi bahasa dan tingkah laku linguistik.

B.     MANA YANG LEBIH DULU BERBAHASA ATAU BERFIKIR, ATAU SEBALIKNYA ?

Menurut saya berfikir lebih dulu daripada berbahasa. Karena setiap kata atau kalimat yang dicuapkan pasti melalui proses pemikiran. Apabila seseorang berbicara tanpa berfikir maka apa yang diucapkan ada kemungkinan audience tidak memahami sehingga komunikasi tidak berjalan dengan lancar.

Teori yang mendukung dari pernyataan saya ini adalah teori Hartley, yang salah satu pernyataannya berisi : Yang tidak dimengerti dan tidak diketahui yang pasti ialah bagaimana proses pengolahan bahasa sehingga berwujud satuan-satuan yang bermakna dan bagaimana proses pengolahan satuan ujaran yang dikirim oleh pembicara sehingga dapat dimengerti pendengar.

NAMA : JUSMIATI RACHMAN

NIM     : 105104025

KELAS: A / PENDIDIKAN

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s