Isma Setianingseh (105104011)

Beberapa Pengertian  Psikolinguistik Menurut Para Ahli :

  1. 1.      Hartley

Menurut Hartley bahwa psikolinguistik membahasa hubungan bahasa otak dalam memproses dan mengkomunikasikan ujaran dan dalam akuisis bahasa.

  1. 2.      Carles Osgood dan Thomas Sabeok

Menurut carles Osgood dan Thomas Sabeak  bahwa psikolinguistik secara langsung berhubungan dengan proses kode dan mengkode sepserti orang yang berkomunikasi.

  1. 3.      Robert Lado

Menurut Robert Lado, psikolinguistik merupakan gabungan melalui psikoligi. Bagaimana telaah atau studi pengetahuan bahasa, bahasa dalam pemakaian, dan perubahan bahasa. Menurut Lado psikologi hanya merupakan pendekatan. Pendekatan untuk menelaah pengetahuan bahasa, pemakaian bahasa dan perubahan bahasa. Pengetahuan bahasa bersangkutan paut dengan masalah kognitif. Pemakain bahasa berkaitan dengan praktek pengetahuan bahasa ( yang diketahui dikemukakan dalam pemakaina bahasa).perubahan bahasa menyangkut akuisis bahasa dan tahap perkembangannya terutama ketika manusia masih kecil/kanak.

  1. 4.      Emon Back

Menurut Emon Back, psikolinguistik adalah ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya pembicara membentuk dan membangun suatu atau mengerti kalimat itu.

  1. 5.      Langacker

Menurut Langcker, psikolinguistik merupakan telaah akuisi bahasa dan tingkah laku linguistic terutama mekanisme psikolinguistik yang bertujuan pada kedua bahasa tersebut. Akuisi bahasa bersangkutan paut dengan pemerolehan bahasa. Tingkah laku linguistic mengacu pada propses kompetensi dan performance bahasa. Proses bahasa ini tetap dalam otak. Oleh karena irtu mekanisme psikolinguistik sangat berperan.

  1. 6.      Paul frasse

Menurut Paul Fraisse, psikolinguistik adalah hubungan antara kebutuhan untuk berekspresi dan berkomunikasi dan benda-benda yang ditawarkan kepada kita melalui bahasa yang kita pelajari sejak kecil dan tahap-tahap selanjutnya.

  1. 7.      Aitchison

Menurut Aitchison (Dardjowidojo, 2003 : 7) berpendapat bahwa psikolinguistik adalah studi tentang bahasa dan minda.

 

  1. 8.      Kridalaksana

Menurut Kridalaksana (1985:140), psikolinguistik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia serta kemampuan berbahasa dapat diperoleh.

  1. A.    Yang Mana Dahulu, Berpikir Dulu atau Berbahasa

Dalam penggunaan bahasa terjadi proses mengubah pikiran menjadi kode dan mengubah kode menjadi pikiran. Dala hubungan ini Osgood dan Sebeok (Pateda : 1990) menyatakan bahwa psikolinguistik secara langsung berhubungan dengan proses-proses mengkode dan mengerti kode seperti pesan yang disampaikan oleh orang yang berkomunikasi.

Berpikir adalah aktivitas mental manusia. Aktivitas mental akan berlangsung apabila ada stimulus, artinya ada sesuatu yang menyebabkan  manusia untuk berpikir. Bahasa digunakan untuk mengoperasikan hasil pemikiran manusia.

Bahasa hanya sebagai sarana untuk berpikir. kadang seseorang memulai berbicara dulu lalu berpikir, tapi berdasarkan pendapat Osgood dan sebeok saya berpendapat dengan pendapat beliau, bahwasannya seseorang itu melalui proses berpikir sebelum berbahasa. Dari pandangan teori tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa menurut saya yang terlebih dulu itu berpikir

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s