Nurherniati (105104002)

  1. Pengertian psikologi menurut para ahli1. Hartley

    Psikolinguistik membahas hubungan bahasa dengan otak dalam memproses dan mengkomunikasikan ujaran dan dalam akuisisi bahasa

    Hal yang penting adalah bagaimana memproses dan menghasilkan ujaran dan bagaimana akuisisi bahasa itu berlangsung.

    Proses bahasa berlangsung adalah pekerjaan otak. Yang tidak dimengerti dan tidak diketahui yang pasti ialah bagaimana proses pengolahan bahasa sehingga berwujud satuan-satuan yang bermakna dan bagaimana proses pengolahan satuan ujaran yang dikirim oleh pembicara sehingga dapat dimengerti pendengar.

    2. Carles Osgood dan Thomas Sabeok

    Psikolinguistik secara langsung berhubungan dengan proses kode dan mengkode seperti orang berkomukasi.

    3. Robert Lado

    psikolinguistik adalah gabungan melalui psikologi dan linguistik.

    Bagaimana telaah atau studi pengetahuan bahasa, bahasa dalam pemakaian,dan perubahan bahasa, Menurut Lado psikologi hanya merupakan pendekatan.

    Pendekatan untuk menelaah pengetahuan bahasa, pemakaian bahasa dan perubahan bahasa.

    • Pengetahuan bahasa bersangkut paut dengan masalah kognitif

    • Pemakaian bahasa berkaitan dengan praktek pengetahuan bahasa (apa yang diketahui dikemukakan dalam pemakaian bahasa).

    • Peruabahan bahasa menyangkut akuisisi bahasa dan tahap perkembanganya terutama ketika manusia masih kecil/kanak.

4. Emon Back

Psikolinguistik adalah ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya pembicara membentuk dan membangun suatu atau mengerti kalimat tersebut.

Hal ini mengacu pada domain kognitif, yakni bagaimana bahasa berproses dalam otak kita. Bahasa yang diwujudkan dalam kalimat dihasilkan oleh pembicara yang kemudian diusahakan untuk dimengerti oleh pendengar.

1. Langacker

Psikolinguistik merupakan telaah akuisisi bahasa dan tingka laku linguistik terutama mekanisme psikologis yang bertujuan pada kedua bahasa tersebut.

Akuisisi bahasa bersangkut paut dengan proses pemerolehan bahasa.

Tinga laku linguistik mengacu pada proses kompetensi dan performance bahasa. Proses ini bahasa ini tetap dalam otak. Oleh karena itu mekanisme psikologi sangat berperan.

2. Diebolt yang dikutip Slama.

Psikolinguistik dalam pengertian luas membicarakan hubungan antara psean dengan sifat-sifat kemandirian manusia yang menyeleksi dan nmenafsirkan pesan.

5. Paul Fraisse

Psikolinguistik adalah hubungan antara kebutuhan kita untuk berekpresi dan berkomukasi dan benda-benda yang ditawarkan kepada kita melalui bahasa yang kita pelajari sejak kecil dan tahap-tahap selanjtnya akan terus berkembang dan berubah.

Berdasarkan batasan-batasan yang telah disebutkan diatas terdapat pandangan sebagai berikut :

• psikolinguistik membahas hubungan bahasa dengan otak

• psikolinguistik berhubungan langsung dengan proses mengkode dan menafsirkan kode

• psikolinguistik sebgai pendekatan
• psikolinguistik menelaah pengetahuan bahasa, pemakaian bahasa.

Yang mana lebih dahulu berbahasa atau berpikir

1. Pengertian Bahasa

Bahasa memegang peranan penting dan suatu hal yang lazim dalam hidup dan kehidupan manusia. Kelaziman tersebut membuat manusia jarang memperhatikan bahasa dan menanggapinya sebagai suatu hal yang biasa, seperti bernapas dan berjalan. Padahal bahasa mempunyai pengaruh-pengaruh yang luar biasa dan termasuk membedakan manusia dari ciptaan lainnya, hal ini senada dengan apa yang diutarakan Ernest Cassirer, sebagaimana yang dikutip oleh Jujun dan Amsal Bachtiar, bahwa keunikan manusia bukanlah terletak pada kemampuannya berpikir melainkan terletak  pada kemampuannya berbahasa. Oleh karena itu, Ernest menyebut manusia sebagai Animal Symbolycum, yaitu mahluk yang mempergunakan simbol. Secara generik istilah ini mempunyai cakupan yang lebih luas daripada istilah Homo Sapiens, sebab dalam kegiatan berpikir manusia mempergunakan simbol.

Tanpa mempunyai kemampuan berbahasa maka kegiatan berpikir secara sistematis dan teratur tidak mungkin dapat dilakukan dan juga manusia tak mungkin mengembangkan kebudayaannya sebab tanpa mempunyai bahasa maka hilang pulalah kemampuan untuk meneruskan nilai-nilai budaya dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Simpul Aldous Huxley, ”tanpa bahasa,” manusia tak berbeda dengan anjing atau monyet.”  Manusia dapat berpikir dengan baik karena dia mempunyai bahasa. Tanpa bahasa manusia tidak dapat berpikir rumit dan abstrak seperti yang kita lakukan dalam kegiatan ilmiah juga tanpa bahasa manusia tidak dapat mengkomunikasikan pengetahuan kita kepada orang lain. Berpikir abstrak yang dimaksud adalah dimana obyek-obyek yang faktual di transformasikan menjadi simbol bahasa yang bersifat abstrak. Adanya simbol yang bersifat abstrak ini memungkinkan manusia untuk memikirkan sesuatu secara berlanjut.

2. Pengertian Berpikir

Menurut Suharnan (2005:281) Berpikir dapat diartikan sebagai proses menghasilkan reprensentasi mental yang baru melalui transformasi informasi yang melibatkan interaksi secara komplek antara atribut-atribut mental, seperti penilaian, abstraksi, penalaran, imajinasi, dan pemecahan masalah. Proses berfikir ini akan menghasilkan informasi baru. Taylor (dalam Suharnan, 2005) mendefinisikan berpikir sebagai proses penarikan kesimpulan. Berpikir dilakukan untuk menghadapi dan memahami realitas dengan menarik kesimpulan dan meneliti berbagai penjelasan dari realitas internal dan eksternal. Biasanya kegiatan berpikir dimulai ketika muncul keraguan dan pertanyaan untuk dijawab atau berhadapan dengan persoalan atau masalah yang memerlukan pemecahan. Kegiatan berpikir juga dirangsang oleh kekaguman dan keheranan dengan apa yang terjadi atau apa yang dialami.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s