Andi Pada Uleng (105104026)

  1. Pengertian Psikolinguistik menurut para ahli

Abdul Chaer

Psikolinguistik mencoba menerangkan hakikat struktur bahasa, dan bagaimana struktur itu diperoleh, digunakan pada waktu bertutur, dan pada waktu memahami kalimat-kalimat dalam pertuturan itu.

Langacker

Psikolinguistik merupakan telaah akuisisi bahasa dan tingkah laku linguistik terutama mekanisme psikologis yang bertujuan pada kedua bahasa tersebut.

Paul Fraisse

Psikolinguistik adalah hubungan antara kebutuhan kita untuk berekspresi dan berkomunikasi dan benda-benda yang ditawarkan kepada kita melalui bahasa yang kita pelajari sejak kecil dan tahap-tahap selanjutnya.

Aitchison (Dardjowidojo, 2003: 7)

berpendapat bahwa psikolinguistik adalah studi tentang bahasa dan minda.

Hartley

Psikolinguistik membahas hubungan bahasa dan otak dalam proses dan mengkomunikasikan ujaran dan dalam akuisisi bahasa. Hal yang penting adalah bagaimana memproses dan menghasilkan ujaran dan bagaimana akuisisi bahasa itu berlangsung.

2. Yang manakah lebih dahulu berbahasa atau berfikir atau sebaliknya?

Dari referensi yang saya baca (Abdul Chaer, Psikolinguistik “Kajian Teoretik ”) ia menyatakan bahwa, berfikirlah yang terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan berbahasa sebab berbahasa itu sama saja artinya dengan berkomunikasi. Dengan kata lain, berbahasa adalah penyampaian fikiran atau perasaan dari orang yang berbicara. Jadi, berbahasa dan berfikir adalah hal yang saling berkaitan dalam kehidupan manusia.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s