Tugas 2 Psikolinguistik

TUGAS 2

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan bahasa itu bersistem, bahasa itu arbitrer, bahasa itu konvensional!

Jawab:

  • Bahasa itu bersistem karena dalam bahasa itu terdapat aturan atau kaidah. Beroperasinya bahasa selalu terkait pada aturan-aturan atau kaidah-kaidah bahasa yang berlaku, karena itu pula dapat dikatakan bahwa bahasa itu teratur.
  • Bahasa itu arbitrer karena bahasa itu bersifat mana suka artinya tidak ada hubungan yang logis atau hubungan langsung antara lambang dan yang dilambangi.
  • Bahasa itu konvensional karena bahasa itu merupakan hasil kesepakatan masyarakat. Bahasa bersifat arbitrer itu berlaku secara sosial, tidak secara individual.

2. Contoh fungsi bahasa.

Jawab: fungsi bahasa menurut Finachiaro.

  • Fungsi personal yaitu fungsi bahasa untuk menyatakan diri.
    Contoh: seorang pemuda yang ingin menyatakan rasa cintanya kepada seorang gadis. Untuk itu dia harus menggunakan bahasa, katakanlah bahasa cinta. Ketika pemuda itu mengatakan cinta kepada sang gadis, ia menggunakan bahasa untuk menyatakan diri, dan  bahasa yang digunakana itu mengembangkan fungsi personal. Berbagai macam perasaan dan pikiran tentu dapat dinyatakan, seperti perasaan susah, kalut, senang, senang, dan marah.
  • Fungsi interpersonal (komunikasi) yaitu fungsi bahasa yang menyangkut hubungan antarpenutur atau antarpersona.
    Contoh: dua orang yang saling tidak mengenal secara kebetulan duduk berdampingan di dalam sebuah bus. Mereka bisa saja tidak melakukan komunikasi apapun  selama dalam perjalanan kalau perjalanannya hanya beberapa menit. Akan tetapi jika perjalanan itu memerlukan waktu yang berjam-jam maka kejanggalan akan terjadi jika diantara mereka tidak ada komunikasi.
  • Fungsi direktif (alat kontrol sosial) yaitu fungsi bahasa untuk mengatur orang lain
    Contoh: ketika seorang ibu menyuruh anaknya belajar.
  • Fungsi referensial (adaptasi dan alat integrasi) yaitu fungsi bahasa untuk menampilkan suatu referen dengan menggunakan bahasa.
    Contoh: Seorang siswa yang akan berbicara pada gurunya, ia pasti menggunakan istilah yang lebih sopan seperti “Maaf, Pak, saya mau bertanya!” dan sang guru juga menjawab “Iya Nak, silakan!”.
  • Fungsi imajinatif yaitu fungsi bahasa untuk menciptakan sesuatu dengan imajinasi
    Contoh: karya-karya sastra seperti prosa, puisi, cerpen, novel, dan roman-roman merupakan karya-karya yang lahir berkat fungsi bahasa.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s