ANDI PADA ULENG 105104026

Jelaskan yang dimaksud dengan bahasa itu bersistem, arbitrer, konvensional, dan berikan contoh dari masing-masing fungsi bahasa.

  1. Bahasa merupakan suatu system maksudnya bahasa sebagai system komunikasi yang mempergunakan symbol-simbol vocal yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata.
  2. Bahasa bersifar arbitrer/manasuka berarti tidak dapat suatu keharusan bahwa rangkaian bunyi tertentu harus mengandung arti yang tertentu pula. Ia merupakan symbol karena rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia harus diberikan makna tertentu.
  3. Bahasa bersifat konvensional (kesepakatan), berarti makna dari sebuah  kata tergantung dari konvensi (kesepakatan) masyarakat bahasa yang bersangkutan. Misalnya dengan cirri-ciri tertentu dinamakan anjing, dog, hund, chien, atau chanis itu tergantung dari kesepakatan anggota masyarakat bahasa itu masing-masing.

Contoh dari masing-masing fungsi bahasa :

  1. Bahasa sebagai alat ekspresi diri

Pada saat menggunakan bahsa sebagai alat untuk mengekspresikan diri, si pemakai bahasa tidak perlu mempertimbangkan atau memerhatikan siapa yang jadi pendengarnya, atau khalayak sasarannya. Ia menggunakan bahasa hanya untuk kepentingannya pribadi.

  1. Bahasa sebagai alat komunikasi

Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, kita sudah memiliki tujuan tertentu. Kita ingin dipahami orang lain. Kita ingin menyampaikan gagasan yang dapat diterima oleh orang lain. Kita ingin membuat orang lain yakin terhadap pandangan kita. Jadi dalam hal ini pembaca atau pendengar menjadi perhatian utama kita.

  1. Bahasa sebagai alat integritas dan adaptasi social
    pada saat kita beradaptasi kepada lingkungan social tertentu, kita akan memilih bahasa yang akan kita gunakan tergantung pada situasi dan kondisi yang kita hadapi. Misalnya pada situasi apakah kita kan menggunakan kata tertentu, kata manakah yang sopanm dan tidak sopan.
  2. Bahasa sebagai alat control social

Sebagai alat control social, bahasa sangat efektif control social ini dapat diterapkan kepada diri kita sendiri atau masyarakat. Berbagai penerangan, informasi, maupun pendidik disampaikan melalui bahasa. Ceramah agama dan  takwa merupakan contoh penggunaan bahasa sebagai alat control social.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s