bahasa memiliki sifat yang sistematis

TUGAS 2 PSIKOLINGUITIK

Bahasa  memiliki sifat yang sistematis, yang berarti bahwa dalam bahasa itu terdapat aturan atau kaidah. Beroperasinya bahasa selalu terkait pada aturan-aturan atau kaidah-kaidah bahasa yang berlaku. Karena itu pula dapat dikatakan bahwa itu teratur.

Bahasa bersifat arbitrer yang tampak pada hubungan antara lambang dan yang dilambangkan dalam pengertian bahwa tidak ada hubungan langsung antara lambang dan yang dilambangi. Sifat arbitrer itu hanya berlaku dalam masyarakat bahasa dalam bentuk kesepakatan atau konvensi. Jadi, masyarakat bahasalah yang secara sewenang-wenang menentukan lambang-lambang dalam bahasa dan menentukan pula wujud yang dilambangi oleh lambang-lambang itu.

Bahasa dapat disebut bersifat konvensional sebagai sifat hasil kesepakatan. Hal yang perlu dipahami adalah kenyataan bahwa kesepakatan itu bukanlah formal yang dinyatakan melalui musyawarah, sidang, rapat, atau kongres atau rapat raksasa menentukan lambang tertentu.

Contoh masing-masing fungsi bahasa:

  1. Bahasa Sebagai Alat Ekspresi Diri

Untuk mengapresiasikan kehendak dan perasaan pada sasaran yang tepat. Contohnya: membuat karya sastra seperti prosa, puisi, cerpen, novel, dan roman-roman merupakan karya-karya yang lahir berkat bahasa sebagai alat ekspresi diri.

  1. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Sebagai makhluk sosial kita memerlukan bahasa dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Tanpa berkomunikasi tidak ada orang yang saling mengenal  satu sama lain, itulah merupakan bahasa sebagai alat komunikasi

  1. Bahasa Sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial

Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi merupakan pemahaman dari sebuah lingkungan sosial. Contohnya: penyesuaian diri dalam lingkungan yang berbeda dengan lingkungan yang kita tempati sebelumnya.

  1. Bahasa Sebagai Alat Kontrol Sosial

Contohnya: seorang yang berceramah, misalnya dalam khotbah jumat seorang ustads bercemarah untuk mengontrol masyarakat melaku hal-hal yang dilarang dalam agama islam dan mengarahkannya ke jalan yang benar.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s