psikolinguistik tugas 2

jelaskan bahasa itu bersistem, arbiter, dan konvensional.

  Bahasa itu bersistem

Menurut Boey (1982) bahasa memiliki sifat sistematis, yang berarti bahwa dalam bahasa itu terdapat aturan atau kaidah. Beroperasinya bahasa selalu terkait pada aturan-aturan atau kaidah-kkaidah bahasa yang berlaku. Karena itu pula dapat dikatakan bahwa bahasa itu teratur. System yang berlaku pada bahasa bukanlah system yang sederhana. Di dalam system itu terdapat subsistem.

Bahasa bersifat arbitrer

Menurut Kridalaksana, 1982:2) bahasa itu bersifat arbitrer yang dipergunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerjasama, berinteraksi, serta mengidentifikasi. Dengan kata lain walaupun bahasa itu tersusun secara hierarkis, tetapi susunan itu dilakukan oleh masyarakat pemakai bahasa dengan mana suka. Contohnya bahasa Indonesia =/b-u-k-u/, bahasa bugis Makassar =/b-o-k-b-o-k/, bahasa Inggris =/b-o-o-k/. Contoh lain kata Ayam.Orang inggris menggunakan kata chicken, orang Bugis manuk. Pelambangan di atas tidaklah bersifat individual. Tidak ada peluang bagi setiap individu untuk menciptakan satuan bahasa sekehendaknya. Jadi, masyarakat bahasalah yang secara sewenang-wenang menentukan lambang-lambang dalam bahasa dan menentukan pula wujud yang dilambangi oleh lambang-lambang itu.

Bahasa itu bersifat konvensional

Menurut Chaer (1995 : 15), bahasa bersifat konvensional sebagai sifat hasil kesepakatan. Hal yang perlu dipahami adalah kenyataan bahwa kesepakatan itu bukanlah formal yang dinyatakan melalui musyawarah,sidang, rapat, atau kongres, atau rapat kerja raksasa untuk menentukan lambang tertentu. Setiap pemakai bahasa harus tunduk kepada kesepakatan atau konvensi. Jika itu dilanggar dapat menyebabkan bahasa yang digunakan sesorang menjadi tidak komunikatif. Contohnya seekor hewan dengan ciri-ciri tertentu dinamakan buaya,atau crocodile itu tergantung dari kesepakatan anggota masyarakat bahasa itu masing-masing.


 

Contoh Masing-masing fungsi bahasa

Alat untuk menyatakan ekspresi diri

Bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita,  sekurang kurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita. Contohnya misalnya penulis buku,dia menulis apa yang ada pikirannya dan apa yang dirasakannya.

Alat kominukasi

Bahasa merupakan saluran perumusan maksud yang melahirkan perasaan dan memungkinkan adanya kerjasama antar individu. Contohnya si A ingin berbicara kepada si B tentang sesuatu hal,dan si B mengerti dan menanggapi maksud si A, otomatis apabila terjadi respon balik artinya sudah terjadi komunikasi yang efektif.

Alat mengadakan integrasi dan adaptasi social

Bahasa merupakan salah satu unsure kebudayaan yang memungkinkan manusia  memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman tersebut, serta belajar berkenalan dengan orang-orang lain.

Alat mengadakan kontrol social

Bahasa merupakan alat yang dipergunakan dalam usaha mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang lain. Bahasa juga mempunyai relasi dengan proses-proses sosialisasi  suatu masyarakat. Contohnya misalnya dalam sebuah masyarakat ketua RW ingin menyuruh warganya untuk bekerja bakti, dengan komunikasi dan kata-kata yang baik tentunya ketua RW bisa mengajak atau mempengaruhi warganya untuk mengikuti apa yang dikatakan. Seperti,kerja bakti. Iklan layanan Masyarakat atau layanan sosial merupakan salah satu wujud penerapan bahasa sebagai alat kontrol sosial.

 

 

 

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s