Tugas II Psikolinguistik

Jelaskan yang dimaksud dengan:

a)      bahasa itu bersistem

b)      bahasa itu sifatnya arbitrer

c)      bahasa itu konvensional, dan

d)     berikan contoh dari masing-masing fungsi bahasa!

Jawab:

a)      Yang dimaksud bahasa bersistem adalah bahasa itu terdapat aturan atau kaidah. Beroperasinya bahasa selalu terkait pada aturan-aturan atau kaidah-kaidah bahasa yang berlaku, karena itu pula dapat dikatakan bahwa bahasa itu teratur. Sistem itulah yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf (Pengabean, 1981: 5).

b)      Bahasa itu sifanya arbitrer atau manasuka berarti tidak terdapat suatu keharusan bahwa suatu rangkaian bunyi tertentu harus mengandung arti yang tertentu pula. Sifat arbitrer itu hanya berlaku dalam masyarakat bahasa dalam bentuk kesepakatan atau konvensi. Jadii masyarakat bahasalah yang secara sewenang-wenang menentukan lambang-lambang dalam bahasa dan menentukan pula wujud yang dilambangi oleh lambang-lambang itu. Kata arbitrer dapat diartikan ‘sewenang-wenang, berubah-ubah, tidak tetap, mana suka’. Istilah ini tidak diperlukannya hubungan wajib antara lambang bahasa (misalnya : kata) dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut. Meskipun lambang tersebut tidak memberi “saran” atau “petunjuk” apa pun mengenai konsep yang diwakilinya. Misalnya, antara [anjing] dengan yang dilambangkannya, yaitu “binatang berkaki empat yang dapat menggonggong”. Kita tidak dapat menjelaskan mengapa binatang tersebut dilambangkan dengan bunyi [anjing] bukan [jingan] atau [nginja]. Meskipun hubungan antara lambang bunyi dengan yang dilambangkannya bersifat arbitrer, tetapi penggunaan lambang tersebut untuk suatu konsep tertentu, bersifat konvensional.

c)      Bahasa itu konvensional, artinya semua masyarakat bahasa tersebut mematuhi konvensi bahwa lambang tertentu itu digunakan untuk mewakili konsep yang diwakilinya tersebut. Misalnya “anjing” yang telah secara konvensional digunakan sebagai lambang binatang berkaki empat yang dapat menggonggong. Dengan kata lain, konvensional adalah hubungan simbol dengan makna, bentuk kesepakatan atau konvensi yang berlaku dalam masyarakat bahasa.

d)     Contoh dari masing-masing fungsi bahasa adalah:

(1)   Bahasa sebagai alat ekspresi diri, contohnya tuulisan kita dalam sebuah buku, merupakan hasil ekspresi diri kita. Pada saat kita menulis, kita dapat memikirkan siap pembaca kita. Kita hanya menuangkan isi hati dan perasaan kita tanpa memikirkan apakah tulisan itu dipahami orang lain atau tidak. Akan tetapi, pada saat kita menulis surat kepada orang lain, kita mulai berpikir kepada siapakah surat itu akan ditujukan. Kita memilih cara berbahasa yang berbeda kepada orang yang kita hormati dibandingkan dengan cara berbahasa kita kepada teman kita.

(2)   Bahasa sebagai alat komunikasi, contohnya kata griya lebih sulit dipahami dibandingkan kata rumah atau wisma. Dengan kata lain, kata besar, luas, rumah, wisma, dianggap lebih komunikatif karena bersifat lebih umum. Sebaliknya, kata-kata griya atau makro akan memberi nuansa lain pada bahasa kita, misalnya nuansa keilmuan, nuansa intelektualitas, atau nuansa tradisional.

(3)   Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial, contohnya pada situasi apakah kita akan menggunakan kata tertentu, kata manakah yang sopan dan tidak sopan. Bilamanakah kita dalam berbahasa Indonesia boleh menegur orang dengan kata Kamu atau Saudara atau Bapak atau Anda? Bagi orang asing, pilihan kata itu penting agar ia diterima di dalam lingkungan pergaulan orang Indonesia.

(4)   Bahasa sebagai alat kontrol sosial, contohnya agama atau dakwah, orasi ilmiah atau politik. Iklan layanan masyarakat atau layanan sosial merupakan salah satu wujud penerapan bahasa sebagai alat control sosial.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

One thought on “Tugas II Psikolinguistik

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s