Dialog

Nana               : “Kak, apa itu sastra menurut ta?”

Ulla                 : “mmmmmmm (bergumam)

Apa di’.

Kalau saya menurutku, sastra itu kumpulan kata-kata yang indah yang apabila disusun secara berurutan dan berhubungan antara kata yang satu dengan kata yang lainnya, akan menghasilkan makna tertentu dan dapat memberi rasa estetis pada penikmatnya, dalam hal ini pembaca atau pendengar”.

Nana                 : “jadi, kak apa hubungannya seni dengan sastra? kan seni juga mampu memberi rasa estetis pada pembacanya”.

Ulla                   : “kalo’ sastra itu umumnya kita lihat karya nyatanya seperti puisi, cerpen, atau pun novel, ketika pembaca mendapat sesuatu yang baru setelah mendengar atau membaca karya sastra itu, maka disitulah sastra itu dikatakan memberi rasa estetis pada pembacanya. Sedangkan kalo’ seni itu umum, dimiliki oleh setiap manusia.

Analisis Menurut Ferdinand De Saussure :

  • Parole            : Bahasa yang konkret yang keluar dari mulut seorang pembicara. Dalam dialog di atas, yang menjadi parole dapat kita lihat dari beberapa argumen yang dikeluarkan oleh Ulla, seperti : ” mmmmmmm (bergumam). Apa di’? Kalau saya menurutku, sastra itu kumpulan kata-kata yang indah yang apabila disusun secara berurutan dan berhubungan antara kata yang satu dengan kata yang lainnya, akan menghasilkan makna tertentu dan dapat memberi rasa estetis pada penikmatnya, dalam hal ini pembaca atau pendengar”.
  • Langua        : bahasa tertentu sebagai satu sistem yang sifatnya abstrak, hanya terdapat dalam otak penutur bahasa yang bersangkutan. Dalam dialog di atas dapat kita lihat disaat Ulla bergumam ketika ditanya tentang pengertian sastra, artinya dia memiliki konsep tersendiri tentang sastra yang ada dalam pikirannya. Kemudian dia mengeluarkannya lewat alat ucap, itulah yang menjadi parole.
  • Langage       : bahasa pada umumnya sebagai alat interaksi pada manusia, seperti yang dipakai oleh Nana dan Ulla dalam berinteraksi.

 

Narasumber :

–        Rahmadiana

–        Nasrullah

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s