ANALISIS BAHASA ANAK-ANAK, TEMAN, ATAU TETANGGA BERDASARKAN PAKAR LINGUISTIK

MENGANALISIS BAHASA ANAK-ANAK, TEMAN, ATAU TETANGGA PADA PROSES PERCAKAPAN

Menganalisis percakapan teman yang membicarakan mengenai seorang ibu yang akan melahirkan dalam vidio.

Putra    : kenapa itu orang kalau ditikam mati tp kalau seorang orang ibu yang disesar tidak?

Rahman: itu karena ibu yang akan melahirkan dibius terlebih dahulu jadi tidak merasakan sakit juga tidak mati berbeda dengan penikaman.

Sinta     : karena penikaman itu sembarang nakena hatike atau apakah, tapi soal ibu akan melahirkan itu berbeda situasinya.

Marwa : ih kodong kasianku liatki

Analisi Percakapan menurut pakar linguistik/teori linguistik:

Menurut Teori Ferdinand De Saussure menjelaskan bahwa perilaku bertutur atau tindak tutur sebagai suatu hubungan antara dua orang atau lebih, seperti antara A dengan B. perilaku bertutur ini terdiri dari dua bagian kegiatan yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar dibatasi oleh mulut dan telinga sedangkan bagian dalam oleh jiwa atau akal yang terdapat dalam otak pembicara dan pendengar. Jika A berbicara B menjadi pendengar, dan jika B berbicara maka A menjadi pendengar.

Parole : bahasa yang konkret yang keluar dari mulut seorang pembicara. Jadi, karena sifatnya yang konkret maka parole itu dapat didengar. Percakapan diatas  terdapat parole pada percakapan Putra yang bertanya “kenapa orang itu kalau ditikam mati tapi seorang ibu yang akan melahirkan dengan sesar tidak?” kenapa Putra bertanya demikian? Karena Putra tidak memiliki tanda mengenai seorang ibu yang akan melahirkan dengan sesar, sehingga Rahman dan Sinta berusaha menjelaskan.

Langue : bahasa tertentu sebagai suatu sistem tertentu seperti bahasa inggris atau bahasa jawa menggunakan istilah bahasa. Jadi, sifatnya abstrak hanya ada dalam otak penutur bersangkutan. Percakaan diatas tidak terdapat langue karena semua bahasa yang dikeluarkan oleh seorang pembicara semua ada sistem tanda yang tersimpan dalam sistem otaknya.

Langage : bahasa pada umumnya sebagai alat interaksi manusia, seperti halnya dengan percakapan di atas. Percakapan Putra, Rahman, Sinta, dan Marwa termasuk dalam langage yaitu untuk saling berinteraksi dan saling berkomunikasi satu sama lain.

 

           

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s