tugas 4, psikolinguistik

contoh teori-teori stimulus menurut beberapa ahli.

Teori-teori Stimulus Respon

  • Teori Ivan Petrovich Pavlov

Inti dari Teori Ivan Pavlov adalah pembiasaan.

Contohnya :

Ketika saya ingin bangun pagi maka saya membunyikan alarm pukul 05.00, lama kelamaan walaupun saya tidak memasang alarm saya akan tetap bangun pada jam 5 pagi karena dipikiran saya harus tetap bangun jam 5. Ini adalah bentuk dari teori stimulus terkondisi.

  • Teori Asosiasi Edward L.Thorndike

Dasar dari belajar (learning) tidak lain sebenarnya adalah asosiasi suatu stimulus akan menimbulkan suatu respon tertentu. Dalam proses belajar, pertama kali organism (hewan, orang) belajar dengan cara coba salah (trial and error)  kalau organisme berada dalam situasi yang mengandung masalah, maka organisme itu akan mengeluarkan serentakan tingkah laku yang ada padanya untuk memecahkan masalah itu.

Contohnya :

Disaat saya ingin pintar berenang maka saya melakukan latihan, pertama saya gagal dengan tenggelama tapi lama kelamaan saya mampu berenang selama 2 menit dan dengan terus latihan akhirnya saya dapat berenang dengan lama dan mampu berenang dengan berbagai gaya. Jadi, hokum ini menunjukkan prinsip utama belajar adalah pengulangan.

  • Teori Behaviorisme dari Jhon Brodes Watson

Teori Behaviorisme dari Jhon Brodes Watson menerangkan bahwa segala perilaku manusia sebagian besar akibat pengaruh lingkungan sekitarnya. Lingkunganlah yang membentuk kepribadian manusia.

Contohnya :

ketika saya berada di kota Palopo saya tidak menggunakan jilbab saat keluar dari rumah, tetapi ketika saya berada di kota Makassar saya berubah menggunakan jilbab saat keluar rumah karena dilingkungan sekitar saya banyak yang menggunakan jilbab.

  • Teori Kesegeraan dari Edwin Guthrie

Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Contohnya :

Disaat saya menginginkan pulsa maka saya menelpon kakak saya untuk meminta pulsa dan ketika saya sudah dikirimkan pulsa, saya sudah tidak menghubunginya lagi. Ini hanya berlangsung sementara.

  • Teori Burrhus Frederic Skinner

Burrhus Frederic Skinner (1904-1990) adalah tokoh behavioris dengan pendekatan model instruksi langsung (directed instruction) & meyakini bahwa perilaku dikontrol melalui proses operant conditioning yang berkebangsaan Amerika. Gaya mengajar guru dilakukan secara searah dan dikontrol melalui pengulangan (drill) dan latihan (exercise). Menurut Skinner unsure yang terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (reinforcement).

Contohnya :

ketika saya  dipukul karena membuat kesalahan di depan kelas maka saya tidak berani lagi tunjuk jari. Karena alasan ini dan beberapa alasan lainnya, banyak pakar psikologi yang merekomendasikan bahwa hukuman hanya boleh dilakukan untuk mengontrol perilaku ketika tidak ada alternatif lain yang lebih realistis.

Tinggalkan Pesan

