Tugas 4 Psikolinguistik

Contoh teori stimulus menurut beberapa ahli!

TEORI-TEORI STIMULUS RESPON

Teori Ivan Petrovich Pavlov

Teori ivan Petrovich Pavlov, biasa juga disebut teori pembiasaan klasik. Di mana perangsang asli dan netral dipasangkan dengan stimulus bersyarat secara berulang-ulang sehingga memunculkan reaksi yang diinginkan. Indivudu dapat dikendalikan melalui cara mengganti stimulus alami dengan stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan, sementara individu tidak menyadari bahwa ia dikendalikan oleh stimulus yang berasal dari luar dirinya

Contoh : untuk menambah kelekatan saya dengan pasangan, setiap kami bertemu dia selalu memberikan coklat, akhirnya saya akan terbiasa dengan itu. Lama- kelamaan walaupun tidak ada coklat yang pasangan saya berikan disetiap kami bertemu, saya akan tetap menyukainya dan menambah kelekatan diantara kami. Ini adalah bentuk dari pembiasaan yang dilakukan pasanganku dan stimulus terkondisi.

Teori Edward L. Thorndike

Teori ini disebut dengan teori S-R. Dalam  teori S-R di katakan bahwa dalam proses belajar, pertama kali organism (Hewan, Orang) belajar dengan cara coba salah (Trial and Error). Kalau organism berada dalam suatu situasi yang mengandung masalah, maka organisme itu akan mengeluarkan serentakan tingkah laku dari kumpulan tingkah laku yang ada padanya untuk memecahkan masalah itu.

Contoh: ada beberapa mata kuliah yang setiap minggunya kita harus membuat ringkasan satu lembar, ini berguna agar setiap kita masuk ke kelas ada persiapan. Agar apa yang akan dibahas nantinya kita sudah mengetahuinya. Dengan perkataan lain, apabila suatu materi pelajaran yang akan diajarkan kepada mahasiswa  yang bbelum siap, maka materi itu tidak aka nada hasilnya.

Teori Behaviorisme dari John Broades Watson

Teori ini menekankan pentingnya pendidikan dalam perkembangan tingkah laku. Ia percaya bahwa dengan memberikan kondisioning tertentu dalam proses pendidikan, maka akan dapat membuat seorang anak mempunyai sifat-sifat tertentu. Ia bahkan memberikan ucapan yang sangat ekstrim untuk mendukung pendapatnya tersebut. Teori perubahan perilaku (belajar) dalam kelompok behaviorisme ini memandang manusia sebagai produk lingkungan. Segala perilaku manusia sebagian besar akibat pengaruh lingkungan sekitarnya.

Contoh : saya lahir dan besar di Makassar, walaupun orang tua saya asli dari Enrekang. Karena lingkungan saya kebanyakan orang dari Makassar, maka dari itu saya tidak mengetahui bahasa daerah orang tua saya, cara berbahasa pun sangat mirip dengan orang Makassar. Ini sangat terlihat ketika saya masuk ke Perguruan Tinggi, rata- rata temanku adalah orang dari daerah. Jadi, cara bicara dan bertingkah laku pun saya sangat berbeda. Saya lebih cenderung banyak bicara dan aktif. Ini diakibatkan karena lingkungan yang selama ini saya tempati seperti itu.

Teori Kesegeraan dari Edwin Guthrie

Yaitu gabungan stimulus-stimulus yang disertai suatu gerakan, pada waktu timbul kembali cenderung akan diikuti oleh gerakan yang sama. Belajar terjadi karena gerakan terakhir yang dilakukan mengubah situasi sedangkan tidak ada respon yang lain yang dapat terjadi.

Contoh : ketika saya menginginkan sesuatu, saya akan mengikuti semua yang diperintahkan oleh adikku. Apapun yang ia perintahkan saya akan segera melaksanakannya. Tapi, setelah keinginan saya dipenuhi. Maka saya sudah tidak terlalu mengikuti maunya. Ini hanya berlangsung pada saat itu.

Teori Frederic Skinner

Skinner menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan (reinforcement) maksudnysa pengetahuan yang terbentuk melalui ingatan stimulus-respon akan semakin kuat apabila diberi penguatan Skinner membagi penguatan menjadi 2 yaitu penguatan positif dan penguatan negative.

Contoh : saya suka mengomel bila kakakku lupa mengkunci pintu, saya berhenti mengomel apabila kakakku sudah mengkunci pintu, dengan harapan bahwa lain kali kakak saya cenderung mengulang kegiatan menutup pintu.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s