Tugas 4 Psikolinguistik

Contoh teori stimulus menurut beberapa ahli!

Teori-teori Stimulus Respon

                                                                 

  • Ivan Petrovich Pavlov

Inti dari Teori Ivan Pavlov adalah pembiasaan.

Contohnya :  saya memakai jam tangan setiap hari guna untuk melihat waktu, ketika jam saya baterai mati saya akan tetap memakai jam itu meskipun tidak menyalah lagi karena saya sudah terbiasa menggunakan jam itu setiap harinya. Ini termasuk teori stimulus terkondisi.

  •  Teori Asosiasi Edward L.Thorndike

Dasar dari belajar (learning) tidak lain sebenarnya adalah asosiasi suatu stimulus akan menimbulkan suatu respon tertentu. Dalam proses belajar, pertama kali organism (hewan, orang) belajar dengan cara coba salah (trial and error)  kalau organisme berada dalam situasi yang mengandung masalah, maka organisme itu akan mengeluarkan serentakan tingkah laku yang ada padanya untuk memecahkan masalah itu.

Contohnya : ketika saya disuruh memasak nasi di rumah, awalnya saya tidak tahu. Pada saat saya mencoba memasak untuk pertama kalinya, nasi yang saya masak itu masih mentah, terus saya mencoba yang kedua kalinya dan saya masih gagal. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba yang ketiga kalinya dan saya pun berhasil memasak nasi. Ini termasuk teori “trial and error” atau selecting and connecting”, yaitu bahwa belajar itu terjadi dengan cara mencoba-coba dan membuat salah.

  • Teori Behaviorisme dari Jhon Brodes Watson

Teori Behaviorisme dari Jhon Broades Watson menerangkan bahwa segala perilaku manusia sebagian besar akibat pengaruh lingkungan sekitarnya. Lingkunganlah yang membentuk kepribadian manusia.

Contohnya : ketika saya belum menuntut ilmu  di Makassar, saya sangat jarang keluar rumah kecuali ke sekolah, tetapi ketika saya sudah kuliah di Makassar saya sudah sering keluar jalan bersama teman-teman. Ini akibat pengaruh lingkungan sekitar yang membentuk kepribadian saya.

  • Teori kesegeraan dari Edwin Guthrie

Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Contohnya : ada sebagian dosen yang menyuruh kami untuk memakai rok ketika dia mengajar, maka ketika dosen itu mengajar kami memakai rok dan ketika dia tidak mengajar kami, maka kami tidak menggunakannya.

  • Teori Burrhus Frederic Skinner

Burrhus Frederic Skinner (1904-1990) adalah tokoh behavioris dengan pendekatan model instruksi langsung (directed instruction) & meyakini bahwa perilaku dikontrol melalui proses operant conditioning yang berkebangsaan Amerika. Gaya mengajar guru dilakukan secara searah dan dikontrol melalui pengulangan (drill) dan latihan (exercise). Menurut Skinner unsure yang terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (reinforcement). Teori merujuk kepada seseorang yang dapat mengontrol tngkah laku organisme melalui pemberian reinforcement yang bijaksana dalam lingkungan relative besar.

Contohnya : saya ditraktir mya karena saya menceritakan peristiwa lucu kepadanya  dan cerita tersebut saya ulangi diteman yang lain, karena saya berharap mendapatkan juga hadiah dari mereka.

Tinggalkan Pesan

