Tugas 4 Psikol…

Tugas 4 Psikolinguistik

Contoh teori stimulus menurut beberapa ahli

Teori-teori Stimulus Respon

  • Ø  Teori Ivan Petrovich Pavlov

Teori ivan Petrovich Pavlov, biasa juga disebut teori pembiasaan klasik.

Misalnya : Suatu ketika saya harus tinggal sendirian di rumah. Ibu ku berpesan agar ketika beliau kembali dari pekerjaannya. Rumah harus dalam keadaan bersih. Awalnya saya adalah pribadi yang malas. Baik itu dalam keadaan beraktivitas maupun ketika harus di suruh untuk melakukan sesuatu yang berat. Karena terlalu sering tinggal sendirian di rumah. Saya pun mulai terbiasa melakukan membersihkan rumah.

  • Ø  Teori Asosiasi Edward L.Thorndike

Teori ini disebut dengan teori S-R. Dalam  teori S-R di katakan bahwa dalam proses belajar, pertama kali organism (Hewan, Orang) belajar dengan cara coba salah (Trial and Error). Kalau organism berada dalam suatu situasi yang mengandung masalah, maka organisme itu akan mengeluarkan serentakan tingkah laku dari kumpulan tingkah laku yang ada padanya untuk memecahkan masalah itu.

Misalnya : ketika saya melihat kakak dan ibu saya sedang membuat ketupat. Saya pun tertarik untuk membuatnya. Awalnya saya tidak tahu. Pada saat saya mencoba untuk membuat ketupat untuk pertama kalinya. Saya sangat kebingungan karena polanya terlihat terlalu rumit. Begitupun ketika saya mencoba untuk yang kedua kalinya. Namun saya tidak pantang menyerah dan akhirnya ketika saya mencoba untuk yang ketiga kalinya saya pun berhasil membuat ketupat.

  • Ø  Teori Behaviorisme dari Jhon Brodes Watson

Teori ini menekankan pentingnya pendidikan dalam perkembangan tingkah laku. Ia percaya bahwa dengan memberikan kondisioning tertentu dalam proses pendidikan, maka akan dapat membuat seorang anak mempunyai sifat-sifat tertentu. Ia bahkan memberikan ucapan yang sangat ekstrim untuk mendukung pendapatnya tersebut. Teori perubahan perilaku (belajar) dalam kelompok behaviorisme ini memandang manusia sebagai produk lingkungan. Segala perilaku manusia sebagian besar akibat pengaruh lingkungan sekitarnya.

Misalnya : ketika saya berada dimakassar, saya jarang keluar rumah kecuali ke kampus, tetapi ketika saya masuk kuliah di Makassar saya sering keluar jalan bersama teman-teman. hal Ini diakibatkan lingkunganlah mempengaruhi manusia mengikuti lingkungan sekitarnya.

  • Ø  Teori Edwin Guthrie

Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Misalnya : ketika saya menginginkan sesuatu maka saya meminta tante saya untuk membelikan sepatu dan ketika itu tante saya mengirim uang untuk beli sepatu,hal  Ini hanya berlangsung sementara.

  • Ø  Teori Burrhus Frederic Skinner

Burrhus Frederic Skinner (1904-1990) adalah tokoh behavioris dengan pendekatan model instruksi langsung (directed instruction) & meyakini bahwa perilaku dikontrol melalui proses operant conditioning yang berkebangsaan Amerika. Gaya mengajar guru dilakukan secara searah dan dikontrol melalui pengulangan (drill) dan latihan (exercise). Menurut Skinner unsure yang terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (reinforcement). Teori merujuk kepada seseorang yang dapat mengontrol tngkah laku organisme melalui pemberian reinforcement yang bijaksana dalam lingkungan relative besar.

Misalnya : saya diajak makan sama ayah saya karena saya menceritakan peristiwa lucu  dan cerita itu saya ulangi sama ibu saya  , karena saya berharap diajak lagi sama ibu saya.

Tinggalkan Pesan

