TUGAS 4 PSIKOLINGUISTIK

1. Teori Ivan Petrovich Pavlov

Teori ini merupakan teori stimulus respon klasik. Inti dari teori ini adalah menerapkan kebiasaan.

Contoh: Dulu, saya malas membersihkan rumah, tapi karena ibu saya memberikan hadiah setiap kali saya membersihkan rumah akhirnya sampai sekarang kebiasaan tersebut tetap ada walaupun tidak mendapat hadiah lagi.

2. Teori Edward L. Thorndike

Prinsip dasar dari proses belajar yang dianut oleh Thorndike yaitu bahwa dasar dari belajar tidak lain adalah asosiasi, suatu stimulus akan menimbulkan suatu respon tertentu. Teori ini mengatakan bahwa dalam proses belajar pertama kali, organisme belajar dengan cara coba dan salah (trial and error).

Contoh: sejak kecil saya senang memasak, saya sering membantu ibu menyiapkan makanan meskipun rasanya kadang terlalu asin atau bahkan tidak ada rasa, tapi saya tetap mencoba sampai akhirnya masakan saya digemari keluarga saya.

3. Teori Behaviorisme John Broades Watson

Teori perubahan perilaku dalam kelompok behaviorisme ini, memandang manusia sebagai produk lingkungan. Segala perilaku manusia sebagian besar pengaruh lingkungan sekitarnya. Lingkunganlah yang membentuk kepribadian manusia.

Contoh: Dulu saya belum berjilbab, setelah saya masuk SMA, saya berteman dengan orang-orang yang berjilbab dan memiliki pemahaman agama yang lebih dari saya, akhirnya sekarang saya mengenakan jilbab.

4. Teori Kesegeraan Erwin Guthrie

Asas belajar Guthrie yang utama adalah hukum kontinguiti.guthrie juga percaya bahwa hukuman memegang peranan penting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan pada saat yang tepat akan mampu mengubah tingkah laku seseorang.

Contoh: Di sekolah saya, SMAN 10 Makassar, mewajibkan setiap siswa memakai atribut karena itu merupakan lambang dari sekolah kami, guru menyarankan agar atribut itu dijahit di lengan baju sebelah kiri, tapi saya tidak mematuhinya. Saya tidak menjahitnya karena kemalasan saya. Saya hanya menggunakan double tipe untuk merekatkannya. Suatu hari, sebelum masuk kelas, wali kelas saya memeriksa atribut dan saya lupa memasangnya akhirnya saya dihukum. Setelah kejadian itu, pulang sekolah saya langsung menjahitnya.

5. Teori Burrhus Frederic Skinner

Skinner menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan. Skinner membagi penguatan menjadi dua yaitu penguatan positif (memberi hadiah/ penghargaan) dan penguatan negatif (menunjukkan perilaku tidak senang).

Contoh: Sewaktu saya masih kecil, setelah makan saya langsung mencuci piring. Setelah itu, ibu saya memeluk saya dan berkata “pintar anaknya mama”. Itu adalah penguatan posistif dari Ibu saya.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s