Tugas 4 Psikolinguistik

TEORI PEMBELAJARAN DALAM PSIKOLOGI

(Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari)

  1. Teori-teori Stimulus Respon (Ivan Petrovich Pavlov)

Dulu saya adalah orang yang sangat susah bangun subuh. Hal itu membuat saya cukup gelisah karena sering terlambat ke sekolah dan selalu dihukum. Untuk menghindari hal itu, cara yang saya lakukan adalah memasang jam alarm pada pukul empat pagi dan saya letakkan di atas meja yang cukup tinggi, bukan di sekitar tempat tidur (stimulus). Respon yang saya berikan adalah hanya bangun mematikan alarm tersebut karena terlalu rebut dan saya kembali ke pembaringan. Hal ini selalu berulang dan terbiasa bangun dan malakukan hal yang sama sehingga pada saat jam alarm berbunyi, saya tidak lagi bangun mematikan alarm tersebut, namun saya melakukan bangun yang sesungguhnya. Sampai pada saat tidak memasang jam alarm, saya tetap terbangun pada waktu yang sama.

2. Teori Asosiasi Edward L. Thorndike

Hukum akibat adalah apabila asosiasi yang terbentuk antara stimulus dan respon diikuti oleh suatu kepuasan maka asosiasi akan semakin meningkat. Contohnya, pada saat melakukan sebuah diskusi semantik, saya menjawab pertanyaan teman-teman dengan benar dan dosen pengampu mata kuliah tersebut mengangguk (artinya benar). Saya merasa senang, akibatnya antara soal dan jawaban tersimpan kuat dalam ingatan. Terbukti, pada saat ujian tengah semester tiba, saya dapat menjawab kembali pertanyaan tersebut meskipun tidak mempelajarinya kembali pada saat sebelum ujian tengah semester.

3. Teori Behaviorisme dari John Broades Watson

Penguatan posistif disebabkan oleh adanya ketepatan seseorang melakukan respon terhadap stimulus yang ada, dan tentunya yang sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya, mulai dari sejak saya kelas tiga SD sampai masuk perguruan tinggi, saya diberikan stimulus sebuah hadiah oleh nenek saya jika mendapat peringkat kelas mulai dari peringkat 3 ke atas. Respon yang saya berikan adalah mempertahankan peringkat itu dari kelas 3 SD sampai kelas 1 SMA berturut-turut. Hadiah terakhir yang diberikan adalah sebuah Note Book pada saat masuk keperguruan tinggi UNM secara bebas tes.

Penguatan negative adalah apabilah sesorang memberi reaksi justru sebaliknya dari yang diharapkan oleh pemberi rangsang. Contohnya, pada saat mengajukan pernyataan kepada teman yang gilirannya presentasi, lalu pertanyaan yang diajukan kurang berbobot lalu dosen menanggapinya atau mengomentarinya dengan kata-kata yang menyinggung perasaan. Dosen tersebut mengatakan “kalian itu cantik-cantik tapi goblok, bagaikan ayam yang berjalan tanpa kepala.” Akibatnya semangat belajar menjadi menurun karena timbulnya rasa kecewa.

4. Teori kesegaran dari Edwin Guthrie

Pada teori ini telah dijelaskan bahwa saran utama dari teori ini adalah guru harus dapat mengasosiasi stimulus respon secara tepat. Pebelajar harus dibimbing melakukan hal yang harus dipelajari. Dalam mengelolah kelas guru tidak boleh memberikan tugas yang mungkin diabaikan oleh anak (Bell, Gredler, 1991). Contohnya pada Mata Kuliah Psikolinguistik, kita diberikan tugas rumah yang sesuai dengan materi yang kita pelajari pada saat itu. Maka respon yang diberikan adalah mengerjakan tugas itu dengan baik dan sesuai dengan pemahaman kami. Tugas itu tidak akan diabaikan karena masih di dalam ranah pengetahuan kami. Artinya seorang dosen pada mata kuliah ini yang memberikan materi pada wilayah itu, maka tugasnya pun tidak akan keluar dari wilayah tersebut.

Tinggalkan Pesan

