TUGAS 5

Tugas : Mencari orang yang mengalami gangguan berbicara, berbahasa, dan berpikir, kemudian mencatat gejala apa yang dialami!

GANGGUAN BERBAHASA

Secara medis menurut Sidharta (1984) gangguan berbahasa itu dapat dibedakan atas 3 golongan, yaitu (1) gangguan berbicara, (2) gangguan berbahasa, dan (3) gangguan berpikir.

1. Gangguan Berbicara

– Nama : Rinrin

– Gejala : Gangguan akibat faktor lingual

– Alamat : Jl. Lanto Dg. Pasewang

Rinrin adalah teman saya semasa SMA, saat dia pertama kali memasang kawat gigi, daerah di sekitar lidahnya mengalami sariawan, jadi jika dia berbicara pada saya, saya kurang mengerti maksudnya. Saat dia berkata “Pinjamka pulpenmu”, kata-kata yang keluar ¬†adalah “Finsam ka fulfengmu!”

2. Gangguan Berbahasa

– Nama : Nita

– Gejala : Afasia Sensorik

– Alamat : Daya

Nita adalah sepupu saya, yang sejak kecil telah mengalami kerusakan pada bagian otaknya, kemungkinan kerusakan itu berada pada daerah Wernicke-nya sehingga ia menjadi bisu. Apabila ia diajak berbicara, dia tidak bisa mengerti apa yang kita ucapkan sama halnya jika ia yang mengajak kita berbicara, kita pun tidak mengerti sama sekali apa yang ia ucapkan, kita baru mengerti apabila telah digunakan isyarat dalam pembicaraannya.

3. Gangguan Berpikir

– Nama : Kiung

– Gejala : Depresi

– Alamat : Desa Garassi, Selayar.

Kiung adalah seorang warga yang tinggal di desa Garassi, Selayar. Ia mengalami depresi yang tidak diketahui sebabnya. Jika kita mengajaknya berbicara, ia tidak menyahuti apa yang dikatakan, tetapi justru menyambung pembicaraan kita dengan kata-kata yang tidak jelas maksudnya seperti ketika ia memanjat pohon di kampung dan disuruh untuk turun oleh ibunya yang mengatakan “Oi Kiung, naungko, akdappekko sinampe” (Kiung turunlah, nanti kamu jatuh), bukannya jawaban yang didapat, malah ia mengatakan “berpacu dalam melodi” dan itu selalu ia katakan ketika ada yang mengajaknya berbicara.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s