TUGAS 5 PSIKOLINGUISTIK INDAH RUKHMIATI 105104014

Tugas : Mencari orang yang mengalami gangguan berbicara, berbahasa, dan berpikir, kemudian mencatat gejala apa yang dialami!

Secara medis menurut Sidharta (1984) gangguan berbahasa itu dapat dibedakan atas 3 golongan, yaitu (1) gangguan berbicara, (2) gangguan berbahasa, dan (3) gangguan berpikir.

1. Gangguan berbicara

Nama   : Rudi akbar

Alamat  : jln. Rappokalling

Umur     : 20 tahun

Gejala  : Gangguan akibat factor lingual

Lelaki berusia 20 tahun ini yang tidak lain adalah kakak saya sendiri mengalami gangguan berbicara. Saya mengkategorikan sebagai gangguan akibat factor lingual karena dia tidak bisa mengucapkan huruf R ketika berbicara atau biasa disebut “cadel” ini berarti terganggunya artikulasi. Gangguan ini sudah ada semanjak lahir hingga sekarang. Mungkin gangguan ini tejadi karena ukuran lidah yang terlalu pendek. Sehingga ketika berbicara kata yang mengandung huruf R tidak terlalu kentara, contoh kata motor menjadi motorll’.. huruf R seakan akan adalah huruf L.

2. Gangguan berbahasa

Nama   : Mase

Alamat  : Bulukumba

Umur   : 40 tahun

Gejala  : Afasia sensorik

Mase adalah tetangga saya dikampung, sejak lahir dia telah mengalami kerusakan pada bagian otaknya, kemungkinan kerusakan itu berada pada daerah Wernicke-nya sehingga dia menjadi bisu. Apabila dia diajak berbicara, dia tidak mengerti apa yang kita ucapkan. sama halnya ketika dia mengajak kita berbicara kita pun tidak mengerti sama sekali apa yang diucapkannya, sebab ketika ia berbicara sanagat monoton dan sangat ribut kita tidak tau apa maksud pembicaraannya. Akan tetapi kita akan mengerti apabila dia menggunakan isyarat dalam pembicaraannya.

3. Gangguan berfikir

Nama   : Hj. Rugaya Binti Patong

Alamat  : Bulukumba

Umur   : 73 tahun

Gejala  : pikun (demensia)

Hj. Rugaya adalah wanita berumur 73 tahun yang tidak lain adalah nenek saya sendiri, ketika saya di pulang ke kampung dan baru melihat saya, dia bertanya kapan dating, kemudian beberapa jam kemudian saya bertemu lagi dengan nenek saya dia bertanya lagi kapan kamu dating. Padahal tadi dia sudah menanyakan hal yang sama, sering pertanyaan itu dilontarkan sampai berulang-ulang kali. Hal ini dipengaruhi oleh umur yang sudah semakin tua, sehingga seringkali yang dikatakan kembali diulangi.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s