TUGAS IV PSIKOLINGUISTIK FATIMAH 105104012/A Kebiasaan sehari-hari yang sesuai dengan teori Edward L. Thorndike, John Broades Watson, Edwin Guthrie, Burrhus Frederic Skinner (1904-1990). Posted on April 23, 2012

1)      Melakukan sembarang tingkah laku yang secara spontan, karena merasa malu (salah tingkah), salah ucap karena merasa grogi/malu. 2) Belajar memperbaiki print yang sedang bermasalah yang akhirnya bagus setelah dibersihkan beberapa kali. 3) Ketika menghafal surah-surah pendek dalam Alquran dan membacanya dalam shalat, ternyata masih ada bacaannya yang salah atau kurang tepat, nah setelah shalat saya memperbaikinya lagi dengan cara mengulang-ulangi bacaan surah tersebut dengan melihat Alquran hingga bacaannya benar. Teori Asosiasi Edward L. Thorndike (trials and error).

Tinggal dan belajar bersama kaka-kaka yang jilbab besar dan saya merasa nyaman dengan semua itu, hingga akhirnya saya pun memutuskan untuk memakai jilbab besar dan rutin mengikuti ta’lim ketika sore hari. Ketika teman satu kost rajin membaca buku dan juga pergi belanja bulanan d toko saya pun ikut seperti mereka. Hal ini sesuai dengan teori Behaviorisme dari John Broades Watson yang mengatakan bahwa teori perubahan perilaku (belajar) dalam kelompok behaviorisme ini memandang manusia sebagai produk lingkungan.segala perilaku manusia sebagian besar akibat pengaruh lingkungan sekitarnya. Manusia mampu untuk memperoleh dan membentuk sendiri pola-pola tingkah laku yang baru melalui suatu proses belajar. Manusia dapat memengaruhi perilaku orang lain dan dirinya pun dipengaruhi oleh perilaku orang lain.

Dengan sering mengaji, mendengarkan ceramah dari ustadz, jika ada masalah atau sesuatu hal yang membuat saya bingung, curhat dan membicaraknnya kepada kaka senior yang menurut saya sudah cukup paham. Membaca buku-buku Islami, buku mata kuliah ketika ada waktu kosong, mampu merubah saya dengan pandangan baru yang diperoleh dari bahan bacaan dan kemudian dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya suka membaca buku lalu mengutip hal-hal yang menarik bagi saya.  Saya memberikan hadiah kepada adik ketika dia dapat peringkat. Mengapresiasi, memuji teman yang bagus cara kerjanya dalam menyelesaikan tugas. Hal ini sesuai dengan Teori Burrhus Frederic Skinner (1904-1990) yang mengatakan bahwa perilaku dikontrol melalui proses. Unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan (reinforcement) maksudnya pengetahuan yang terbentuk melalui ingatan stimulus-respon.

Teori Kesegaran dari Edwin Guthrie yang mengatakan bahwa proses pembelajaran yang didapatkan mampu merubah tingkah laku seseorang ada perubahan yang lebih baik setelah adanya pembelajaran. Terkadang setelah halangan saya merasa susah sekali untuk bangun shalat subuh, tapi karena saya memasang alarm HP sehingga saya dapat bangun cepat, begitu seterusnya hingga saya merasa mudah untuk bangun shalat subuh sekalipun itu tanpa bunyi alarm. Seperti juga halnya sebelum saya mengetahui faidah atau manfaat shalat tahajjud saya merasa malas untuk bangun melaksanakannya, Alhamdulillah setelah adanya pengetahuan mengenai keutamaannya saya pun sering bangun tengah malam untuk melaksanakan, begitupula dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Terkadang kita malas, karena tidak ada ilmunya dijadikan sebagai pedoman, kita pun tidak tahu faidah/manfaatnya tetapi ketika sudah mengatahuinya kita tidak tanggung-tanggung untuk memaksakan diri agar dapat melaksanakannya supaya dapat merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Pesan

