tugas psikolinguistik 5

  1. 1.      Berbicara manja.

Nama : Sus

Tempat tinggal : sumberjo

Gaya berbahasanya yang merubah fonem membuat saya mengkategorikan sebagai orang yang manja yaitu dalam mengatakan kata “sakit”, dia sering menggantinya dengan kata “cakit”.

  1. 2.      Berbicara kemayu

Nama : Nurul

Tempat tinggal: sumberjo

Alasan saya mengatakan dias seorang yang berbicara kemayu karena gaya berbicaranya yang sering bergaya, dalam berbicara dia sering dicirikan dengan gerak bibirnya yang sengaja dilakukan untuk menarik perhatian.

  1. 3.      Berbicara gagap

Nama : Titin

Temtan tinggal : sumberjo

Alasan saya menggkategorikan dia dalam berbicara gagap karena dalam dia berbicara selalu kesusahan, susah dalam mengucapakn kata-kata, misalnya : aaku, Ja ja ja jangan begitu.

  1. 4.      Berbicara latah

Nama : Linda

Tempat tinggal :sumberjo

Alasan saya mengatakan dia seorang yang latah karena dia sering kaget dan langsung mengikuti apa yang dikatakan disampingnya atau dia sering bersamaan mengatakan sesuatu. Misalnya, ketika ada seseorang yang disampingnya tiba-tiba mengatakan sesuatu maka dia ikut mengatakannya dengan spontan.

  1. 5.      Pikun

Nama : Suparno

Tempat tinggal : Sumberjo

Alasan saya mengatkan dia seorang yang pikun karena factor usianya yang sudah tua dan dia sering lupa menaruh sesuatu barabg bahkan sering lupa dengan yang baru saja dia katakana.

  1. 6.      Sisofrenik

Nama : giman

Tempat tinggal: sumberjo

Alasan saya mengatakan dia sisofrenik karena dia sering berbicara terus menerus.

  1. 7.      Depresi

Nama : pipin

Tempat tinggal: tulung agung

Alasan saya mengatakan dia depresi karena jiwanya terganggu, dia sering tidak konsen dalam melakukan sesutau dan bahkan pikirannya dan jiwanya mulai terganggu karena ada ada tekanan yang besar.

Tinggalkan Pesan

