TUGAS PSIKOLINGUISTIK 5 A. PADA ULENG ( 105104026 )

GANGGUAN BERBICARA, BERBAHASA DAN BERFIKIR MANUSIA

  • Gangguan Berbicara

Mekanisme berbicara adalah suatu proses produksi ucapan (perkataan) oleh kegiatan terpadu dari pita suara, lidah, atau otot-otot yang membentuk rongga mulut serta kerongkongan, dan paru-paru. Maka gangguan berbicara berdasarkan mekanismenya ini dapat dirinci menjadi gangguan berbicara akibat kelainan pada paru-paru (pulmonal), pada pita suara (laringal), pada lidah (lingual) dan pada rongga mulut dan kerongkongan (resonantal).

 

Contoh dalam kehidupan sehari-hari :

 

Nama                    :               Ari

Usia                       :               19 tahun

Pekerjaan           :               Pelajar

Alamat                  :               BULUKUMBA

Ari saya katakan dia mempunyai gangguan berbicara disebabkan karena dia tidak bisa menyebutkan huruf ‘S’ ini disebabkan pada waktu dia berusia 12 tahun dia mempunyai penyakit ‘Amandel’ dan dia sempat di oprasi pada saat itu. Sebelum dia di oprasi dia masih bisa menyebut huruf ‘S’ tetapi, setelah di oprasi dia sudah tidak bisa menyebut huruf ‘S’. Ini disebabkan karena adanya gangguan akibat resonantal ( gangguan pada rongga mulut dan kerongkongan ). Misalnya, dia mengatakan ‘SUSU’ seseorang yang mendengarnya sepertinya dia mengatakan ‘Syusyu’

 

 

  • Gangguan Berbahasa

Berbahasa berarti berkomunikasi dengan menggunakan suatu bahasa. Untuk dapat berbahasa diperlukankemampuan mengeluarkan kata-kata. Ini berarti, daerah broca dan wernicke harus berfungsi dengan baik. kerusakan pada daerah tersebut dan sekitarnya menyebabkan terjadinya gangguan bahasa yang disebut afasia, dalam hal ini broca sendiri menamai afemia.

Contoh :

 

Nama                    :               Bapak H. Aswan

Usia                       :               55 tahun

Alamat                  :               Makassar, BTN Minasa Upa

Bapak ini saya katakan dia mempunyai gangguan berbahasa, karena bapak ini kemampuan berpikirnya sudah kurang mungkin ini di sebabkan karena usianya yang sudah tua. Misalnya, apabila dia disuruh untuk berbicara dan membahas topik yg penting atau membawakan materi diskusi bapak Aswan ini sering menggunakan kata ‘e’ didalam pembicaraannya.

  • Gangguan Berpikir

Contoh :

Nama                    :               Hj. Murni

Usia                       :               85 tahun

Alamat                  :               Bulukumba

Saya mengatakan bahwa hj.murni mengalami gangguan berpikir disebabkan karena usianya yang sudah tua. Misalnya, hari ini dia disuruh untuk ke pesta pernikahan besok hari, besok harinya dia lupa untuk hadir di pesta itu. Jadi, Hj. Murni ini dikatakan ‘pikun’ yang disebabkan dari usianya yang sudah tua.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s